4 dan 6 September BMKG Prediksi Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat di sejumlah wilayah Indonesia. Potensi hujan ini berdasarkan perkiraan cuaca dalam rentang waktu tiga hari yakni 4 -6 september 2019.

BMKG menyatakan, intrusi massa udara kering dari belahan bumi selatan (BBS) menjorok hingga ke wilayah Sumatera bagian selatan dan Laut Arafuru. Kondisi tersebut menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewati.

Massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di Sumatera bagian utara dan tengah, Kalimantan bagian utara, Sulawesi Barat, Maluku dan Papua. Belokan angin/shear lemah yang terpantau di Sumatera bagian selatan, Selat Makasar dan Papua.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Maluku dan Papua. Low level jet dengan kecepatan angin terpantau >25 kt terdapat di Laut China Selatan.

”Berdasarkan hasil pantauan BMKG, wilayah yang berpotensi hujan lebat pada hari ini terdapat wilayah Kalimantan Utara dan Papua. Adapun lusa (6/9/2019) wilayah Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi tengah, dan Papua juga berpotensi mengalami hujan lebat,” kata Kepala Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana, melalui keterangan tertulis, Kamis (5/9/2019).

Taufan menuturkan, BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang. Masyarakat juga diminta mempersiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

(sumber;inews/internet/bmkg)