5 Kegiatan Olah Raga Yang Cocok Untuk Anak

Olahraga merupakan salah satu gaya hidup yang bisa Anda kenalkan pada anak sejak dini. Dengan memulainya sedini mungkin, maka olahraga akan menjadi kebiasaan baik untuk anak. Lakukanlah olahraga secara bersama-sama agar lebih menyenangkan. Luangkan waktu untuk dapat mengajak anak berolahraga.

Ada beberapa olahraga yang sangat tepat dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anak, yaitu:

Bersepeda

Bersepeda yang sangat disukai anak-anak juga dapat dijadikan sebagai kegiatan olahraga. Untuk menjaga keamanannya, lengkapi perlengkapan bersepeda anak dengan memberikan helm, pelindung lutut, dan pelindung siku. Bersepeda juga sebaiknya dilakukan di lokasi yang sepi dari lalu lintas, seperti di taman atau lapangan.

Lari

Lari termasuk salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh siapapun. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga termasuk si kecil untuk lari di taman dekat rumah atau di lokasi car free day. Pastikan Anda mengikuti kemampuan berlari si kecil. Jangan paksakan mereka untuk berlari jarak jauh. Selain harus menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan nyaman, jangan lupa pilihkan sepatu yang tepat dan menarik agar anak terhindar dari cedera.

Sepak bola

Bila di lingkungan tempat tinggal Anda terdapat taman dengan hamparan rumput, Anda bisa mengajak si kecil bermain sepak bola. Gunakan sepatu yang tepat untuk meminimalisasi cedera. Ajak juga anak-anak tetangga di sekitar rumah. Selain sehat, anak juga akan belajar untuk bersosialisasi, bekerja sama, dan belajar menerima kekalahan.

Yoga

Sejak anak berusia tiga tahun, Anda bisa mengajaknya untuk yoga bersama. Anda bisa mencontoh gerakan yoga yang sederhana melalui youtube atau dengan mengikutsertakan anak pada kelas yoga untuk anak-anak. Berikan anak pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan anak dari yoga, di antaranya adalah menjaga kelenturan tubuh, menanamkan kepercayaan diri, melatih disiplin, melatih fokus, dan membuat anak lebih tenang.

Menari

Bila anak Anda menyukai musik, Anda bisa mengajaknya menari dengan iringan musik kesukaannya. Namun, bila bakatnya sudah terlihat, mungkin Anda bisa mendaftarkannya ke sebuah tempat les menari, seperti balet atau hip-hop. Menari bisa menjadi bagian dari olahraga yang menyenangkan. Sebab dengan menari, anak akan mengeluarkan energi untuk bergerak.

(sumber:heal+h/internet)