Ada Investasi 7 Trilyun dari Hongaria Untuk Transportasi dan Air Minum

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bertemu Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Péter Szijjártó. Pertemuan itu membahas terkait investasi.

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Péter Szijjártó menawarkan pembiayaan investasi ke Indonesia sebesar USD500 juta atau sekitar Rp7 triliun (kurs Rp14.000 per USD).

"Jadi, pembiayaan investasi tersebut nantinya akan disalurkan lewat sebuah kesepakatan Hungary dan Indonesia Investment," ujar dia di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Kamis (23/1/20).

Menurut dia, sejumlah proyek infrastruktur siap dibiayai dari pendanaan ini. Seperti di bidang transportasi dan penyediaan air minum.

"Kita telah membuat Hungary-Indonesia Investment Fund dengan nilai USD500 juta. Investasi tersebut di bidang infrastruktur transportasi atau sistem penyediaan air minum (SPAM)," ungkap dia.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut kerja sama untuk pendanaan proyek penyediaan air minum di 36 kota kecamatan di Indonesia. Di mana penyediaan air minum dipilih karena kerja sama sebelumnya.

(sumber;krjogya/internet)