Bogor Mulai Di Landa Kekeringan, Sungai Cisadane Yang Surut Mulai Di Manfaatkan Warga

Puncak musim kemarau mulai dirasakan oleh warga Bogor. Terutama warga yang bermukim di Kampung Pangerasan, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor saat ini dilanda kekeringan dan kesulitan air.

Hampir semua sumur milik warga kering sehingga warga sulit mendapatkan air bersih.

Warga sekitar, Titin (40), mengatakan bahwa untuk keperluan sehari-hari warga biasa meraka pergi ke Sungai Cisadane yang berjarak hampir 3 kilometer dari tempat tinggalnya.

"Kita suka ke bawah ke Cisadane untuk semuanya itu mah, untuk mandi, nyuci perabotan, nyuci baju, di sana," kata Titin seperti dikutip tribunnewsbogor.com, Rabu (8/8/18).

Sementara untuk memasak dan minum, kata dia, ia kerap membeli air isi ulang menggunakan galon.

Kekeringan ini, lanjut dia, sudah ia rasakan dua bulan terakhir dan dirasakan oleh hampir semua warga di kampung yang berada di perbukitan tersebut.

"Kalau subuh saja, anak-anak kampung sini sebelum sekolah bareng-bareng pergi ke sungai, mandi di sana, abis sumur juga pada kering, selokan di sini aja gak ada airnya, dulu mah ada," kata dia.

Selain itu, terpantau ada pula warga lain yang berusaha mendapatkan air bersih dengan menggali sumur baru, namun belum berhasil.

Titin berharap bahwa kekeringan ini bisa segera usai karena untuk keperluan air di rumah pun setiap hari ia harus pulang pergi mengambil air dengan ember ke sungai Cisadane.

(sumber:tribunbogor/internet)