BPPSPAM: Pemda Berperan Penting Dalam Peningkatan PDAM

Anggota BPPSPAM Unsur Penyelenggara, Ir. Henry M. Limbong MM menyampaikan bahwa peran pemeritah daerah sangatlah penting dalam upaya peningkatan kinerja BUMD Penyelenggara SPAM karena pemerintah daerah yakni walikota atau gubernur merupakan pemilik dari BUMD Penyelenggara SPAM tersebut.

“Dalam upaya peningkatan kinerja BUMD Penyelenggara SPAM, peran stakeholder terutama pemerintah daerah sangatlah penting karena dengan adanya dukungan dari pemda, PDAM tersebut akan lebih mudah dalam meningkatkan kinerjanya” kata Limbong dalam acara Rapat Pemberian Motivasi Peningkatan Kinerja PDAM Tirta Malem Kabupaten Karo, Rabu (17/6/20) lalu, melalui video conference.

PDAM Tirta Malem Kabupaten Karo merupakan salah satu dari 6 (enam) PDAM yang didampingi oleh BPPSPAM untuk dilakukan fasilitasi peningkatan kinerja. Berdasarkan Buku Kinerja BUMD Penyelenggara SPAM Tahun 2019, PDAM Tirta Malem Kabupaten Karo berkinerja sakit dengan nilai 1,71.

BPPSPAM optimis jika pendampingan dan rekomendasi dari BPPSPAM berupa rencana tindak turun tangan (RT3) dilaksanakan oleh PDAM sebagai garda depan penyediaan air minum dan didukung oleh pemerintah daerah, PDAM Tirta Malem Kabupaten Karo dapat menaikkan kinerjanya menjadi kurang sehat atau bahkan menjadi sehat.

(sumber:bppspam/internet)