Gubernur Banten Membuka MTQ XV 2018 Tingkat Provinsi Banten

Seluruh kepala daerah dan Kepala Kemenag se-Provinsi Banten hadir pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV Provinsi Banten, Senin (16/4/2018) malam.

Mereka duduk di kursi barisan paling depan, bersama Gubernur Banten H. Wahidin Halim, Wakil Gubernur Andika Hazrumi, dan Sekda Banten Ranta Soeharta.

Acara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Manarul Huda, qori cilik juara 1 MTQ Nasional di Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2016. Acara dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakim oleh Gubernur Banten.

Kepada wartawan, Gubernur Wahidin Halim mengaku gembira dan puas karena pembukaan MTQ XV Provinsi Banten berlangsung meriah. “Alhamdulillah sangat meriah, sangat memuaskan,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya Gubernur mengaku optimistis Banten bisa mempertahankan gelar juara umum yang pernah diraih di MTQ Nasional di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dan, Kota Medan, Sumatera Utara akan menjadi pembuktian kehebatan Banten.

“Sekarang ini juga juara lah, kalau gak juara awas kita nanti. Tapi semata-mata bukan kejuaraan tapi syiarnya yang kita inginkan,” kata WH.

Untuk meraih hasil yang maksimal dan bisa mempertahankan gelar juara, menurutnya dimulai dengan hakim yang adil dalam menilai perlombaan. Oleh sebab itu ia berharap dewan hakim pada MTQ XV bisa menilai secara objektif.

“Saya berharap juga dewan hakim yang baru saja saya kukuhkan agar menjadi hakim yang adil. Karena kalau tidak salah yang saya baca, dari tiga hakim hanya satu orang yang masuk surga, sedangkan dua lainnya belum pasti,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa WH juga berharap agar MTQ tidak hanya menjadi seremonial. Tetapi peserta dapat memaknai MTQ sebagai syiar Islam yang dapat mengukuhkan ukhuwah Islamiyah.

“Saya berharap dengan MTQ ini tidak sekededar pesta dan seremonial, tapi bisa mengusung syiar, terlebih temaqnya membebaskan rakyat Banyen dari buta aksara Alquran,” ujarnya.

(sumber:kabarbanten/internet)