Jelang Ramadhan Ratusan Warga Babakan Keramas Bareng di Cisadane

Warga Babakan, kota Tangerang menggelar tradisi keramas bareng di bantaran sungai Cidadane, Senin (14/5) sore. Tradisi yang memang sejak lama ada ini rutin setiap tahunnya pada waktu jelang bulan suci Ramadan.

Memasuki Ramadan 1439 Hijriyah ini, ratusan warga antusias mengikuti acara keramas bareng ini. Sejak pukul 14.00 WIB warga sudah memadati area acara.

Ketua pelaksana, Maulana Ishaq menjelaskan persiapan rangkaian acara ini sudah dilakukan sejak dua bulan lalu, keramas bareng merupakan acara puncak, sebelumnya sudah ada kegiatan islami lainnya yang dilakukan oleh panitia.

"Kesiapan untuk acara keramas bareng ini kami lakukan dimulai dengan mencari merang dahulu, selain itu kesiapan pengamanan juga kami lakukan mengingat lokasi acara di pinggir sungai Cisadane," jelasnya.

Maulana melanjutkan, bahwa panitia pelaksana  melibatkan para pemuda setempat didalam melaksanakan acara, hal ini sebagai proses regenaris serta wujud kekompakan pemuda Islam.

Pantauan penulis dilokasi, dalam pelaksanaan pengamanan warga yang ikut keramas bareng dilakukan penjagaan dengan perahu-perahu yang sesuai standar pengamanan. Warga yang antusias dalam acara ini mulai dari anak-anak kecil hingga yang sudah tua, mereka membaur bersama.

Salah seorang warga, Zunairah (24) mengaku setiap tahunya pasti ikut acara keramas bareng ini, karena ia sudah sejak kecil selalu ikut.

"Iya saya karena emang warga sini, jadi setiap tahun pasti ikut acara ini, kecuali kalau emang lagi berhalangan aja," tuturnya.

Sementara itu, warga lainnya Mariam (90) mengaku sejak ia kecil kerap kali ikut mandi di sungai cisadane menjelang Ramadan seperti sekarang ini. Ia bersama rekan seumurnya tampak antusias mengikuti acara ini.

"Udah banyak ikut setiap tahun acara ini, kan bagus menjelang bulan puasa, biar jasmani kita dan rohani kita juga bersih dalam menyambut bulan suci," katanya.

(rlshms/hmspdamtb)