Menengok Sekolah Alam Tangerang (SAT) di Kota Tangerang.

Mendidik siswa tidak harus selalu terlihat formal. Bisa juga dengan memanfaatkan alam sebagai ruang pembelajaran dan membentuk anak menjadi lebih mandiri. 

Seperti yang diterapkan Sekolah Alam Tangerang (SAT) , Gang Kemandoran, Cipondoh, Kota Tangerang  yang menerapkan sistem belajar sambil bermain  di lokasi terbuka. 

"Kegiatan pembelajarannya banyak dilakukan luar. Kalau pun di kelas, bukan dengan dinding, tapi menggunakan saung yang bukan permanen. Kegiatannya juga banyak diisi belajar sambil bermain. 70 persen di luar, 30 persen di dalam," ujar Direktur Sekolah Alam Tangerang Tik Santikasari. 

Konsep ini diambil karena pihaknya ingin proses belajar itu terjadi secara langsung dan nyata. Contohnya, kegiatan market day, dimana anak diajarkan caranya berwirausaha serta berjualan, serta proses apa yang akan dijalani saat berniaga. Anak-anak diajarkan langsung bagaimana membuat, menentukan harga jual, bagaimana menjual dan juga membeli

"Anak Bekerja sama dengan keluarga untuk membuat sebuah produk apapun untuk dijual lagi di akhir bulan. Ini sangat baik untuk tumbuh kembang anak itu sendiri," imbuhnya. 

Untuk TK anak dibiarkan memilih sendiri apa yang ingin mereka pelajari. Bahkan bisa menggunakan alam disekitar sebagai bahan mereka untuk bermain dan belajar. 

Sekolah Alam ini juga memili beberapa pencapaian (goal), seperti mengedepankan akhlak, leadership, dan logika berfikir (kognitif). 

Akhlak merupakan pondasi awal dan dibentuk dengan mengajarkan anak-anak beberapa hal seperti mengantre, jangan mendahulukan ego. 

Untuk Leadership, keberanian siswa akan dibentuk bersamaan dengan akhlak agar anak-anak bisa menjadi pemimpin yang baik. 

Sementara untuk logika berfikir, anak-anak diberikan pembelajaran seperti sekolah umumnya, yakni IPA, IPS, dan Agama. 

"Dengan pemahaman pelajaran dan life skali terbaik tentunya membuat anak jadi lebih bisa berpikir dewasa dan berkembang. Yang mau lebih baik silakan daftarkan anak ke SAT,"  tukasnya. 

(sumber : infonitas)