Pawai Sarungan Nusantara Meriahkan Festival Al'Azhom 2019

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali menggelar Pawai Sarungan Nusantara dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriyah yang dikemas dalam rangkain Festival Al Adzom 2019, Minggu (08/09/19).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pawai Sarungan Nusantara yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Pemkot Tangerang yang melibatkan ribuan warga yang memakai sarung ini berhasil memukau dan mendapatkan pujian dari Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), Tan Sri H. Mohd Ali Bin Mohd Rustam.

Rustam mengaku, terpesona dengan Festival Sarungan Nusantara Kota Tangerang karena para peserta yang berasal dari 20 Provinsi di Indonesia kompak mengenakan busana adat daerahnya.

"Kegiatan ini amat baik ya, apalagi mendapat dukungan dari penduduk nusantara," ucapnya.

Menurut Rustam, kegiatan tersebut sangat baik untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Ia bahkan mengharapkan kegiatan dapat rutin dilakukan setiap tahunnya.

"Ini patut diadakan setahun sekali sehingga budaya dapat dipertahankan dan tidak punah," tuturnya.

Sementara, Walikota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah, yang mengenakan pakaian adat Bugis menjelaskan, kegiatan jalan sehat sarungan merupakan momentum untuk memperlihatkan keberagaman budaya Indonesia.

"Ini adalah kesempatan bagi kita untuk menujukkan Indonesia itu kaya akan  budaya. Inilah kekuatan kita yang berbhineka tetap tunggal ika,” ucapnya.

Arief menjabarkan, Pawai Sarungan Nusantara ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat ukhuwah islamiyah dan juga wathoniyah.

Selain itu, Arief berharap, dengan kegiatan tersebut seluruh elemen masyarakat dapat memperkuat tali persaudaraan baik berbangsa maupun bernegara.

"Mudah-mudahan kebudayaan yang menjadi kekayaan kita yang menjadi kebanggaan Kota Tangerang dan Indonesia dapat kita jaga dan lestarikan," pungkasnya.

Sekedar informasi, pada kegiatan pawai sarungan ini para peserta akan jalan menempuh rute sejauh 4,6 Km. Dimulai dari Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang, menuju Jalan Daan Mogot. Lanjut ke Jalan Raya Merdeka dan melintasi Jembatan Berendeng, lalu ke Jalan Benteng Jaya, hingga selesai di Masjid Raya Al-Azhom.

Selain itu, pawai sarungan ini juga dimeriahkan dengan hadirnya peserta Musabaqah Tillawatil Qur’an (MTQ) antara bangsa yang diikuti sebanyak 6 negara, serta adapula doorprize dengan hadiah utama satu buah paket umroh serta berbagai hadiah hiburan.

(sumber:ahmad/humaspdamtb)