Puluhan Siswa Tanam Benih Pohon Mangrove di Muara Cisadane

Kondisi memprihatinkan lantaran banyaknya sampah dan rawan tergerus abrasi, puluhan siswa SMA asal Jakarta menanam benih mangrove di muara Kali Cisadane, Desa Tanjung Burung, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

Kepala SMAN 37 Jakarta, Mukmin Jauhari mengatakan, kondisi muara Kali Cisadane yang sangat memprihatinkan, membuat pihaknya prihatin. Sehingga, tergerak untuk melakukan penanaman sebanyak 500 benih mangrove.

“Ada sekira 500 benih mangrove yang kami tanam. Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan sekitar,” ujar Mukmin, Selasa.(05/02/19)

Mukmin menjelaskan, muara Kali Cisadane sangat penting. Kondisinya yang sangat prihatin. Mulai dari banyaknya sampah, sangat rawan tergerus abrasi. Ditambah lagi, muara ini sangat dekat dengan wilayah Jakarta.

“Lingkungan ini sudah mengalami kerusakan. Sehingga, diharapkan penanaman mangrove ini dapat membantu mengatasi kerusakan dan mencegah abrasi,” jelasnya.

Inisiator penanaman mangrove dan pemulihan Kali Cisadane, Yanelis Prasenja menambahkan, pihaknya selalu mengajak siswa SMA untuk peduli akan lingkungan dengan mengikuti perkembangan isu lingkungan yang ada di muara Cisadane ini.

“Sebagai inisiator. Sebenarnya Teluk Naga ini kan dekat dengan Jakarta. Jadi, kita ingin mengedukasi siswa untuk mencintai kingkungan daerah sekitarnya,” kata Prasenja.

Prasenja berharap, apa yang sudah dilakukannya itu dapat diteruskan oleh para siswa, maupun pemuda lainnya. Sehingga, menjadi seperti fenomena bola salju, dan muara Kali Cisadane yang botak bisa diselamatkan.

“Sistemnya akan seperti bola salju. Nanti mereka akan mengajak semua keluarga dan kerabat, juga sahabatnya untuk semakin sadar menjaga lingkungan,” jelas Prasenja.

(sumber;palapanews/internet)