PUPR: Hingga November 2019 Terdapat 160 PDAM Berstatus Tidak Sehat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, hingga November 2019 masih terdapat 160 PDAM dari 391 PDAM di Indonesia berstatus tidak sehat.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, data tersebut merupakan hasil audit BPKP dan Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP SPAMS).

Ia mengatakan, sehat atau tidaknya PDAM tergantung pada kondisi keuangan, manajemen, sumber daya, dan operasional perusahaan.

"Terutama memang yang paling dominan, terkait permasalahan keuangan," kata Danis.

Danis mengatakan, kondisi keuangan yang tidak sehat karena tarif tidak menutupi biaya produksi perusahaan. Kemudian, juga terdapat permasalahan terkait tingginya tingkat non-revenue water seperti kebocoran pipa.

Danis mengatakan, untuk mengatasi permasalahan tersebut pihaknya akan membantu perbaikan jaringan distribusi, perbaikan, peningkatan kapasitas produksi dan pembinaan kepegawaian. Selain itu, pihaknya mendorong perbaikan di bidang tarif tetapi tidak memberatkan masyarakat.

"Kita bantu water treatment plan-nya," ujar dia.

Disamping itu, Danis berharap, Pemda juga membantu mengatasi hal tersebut. Pasalnya, dengan tidak tersedianya air bersih yang layak maka akan merugikan masyarakat.

(sumber;kontan.co.id/internet)