Tujuh SPAM Baru Masuk Dalam Proyek Strategis Nasional Senilai 4.809,7 triliun

Pemerintah telah menetapkan 201 proyek dan 10 program yang mencakup 23 sektor dengan total nilai investasi sebesar Rp 4.809,7 triliun sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Ketentuan tersebut ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

"Perpres tersebut juga mencakup pengembangan 10 PSN yang sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam perpres tersebut, ada tambahan sebanyak tujuh pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) baru yang sebelumnya tidak tercantum dalam Perpres No. 3/ 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Ketujuh proyek SPAM tersebut adalah SPAM Bandar Lampung, SPAM Regional Karian-Serpong (DKI-Banten),  SPAM Regional Kamijoro di DIY, SPAM Regional Benteng-Kobema (Bengkulu), Sistem Penyediaan Air Baku Bendungan Sidan (Bali), Sarana dan Prasarana Air Baku Karian, dan Jakarta Sewerage System (JSS) di DKI Jakarta.

Sementara itu, dua SPAM yang awalnya ada di dalam Perpres No.3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN, kini dicoret dalam aturan Perpres 2019/2020, yaitu SPAM Regional Mamminasata (Sulawesi Selatan) dan SPAM Regional Mebidang di Sumatera Utara.

(sumber:cipta karya)