Upaya Membuat Aliran Air Baru, Pemkot Tangerang Akan Bangun Sodetan Sungai

Pemerintah Kota Tangerang melalui Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) akan membangun sodetan diberbagai titik. Upaya itu dalam rangka membuat pola aliran air baru saat volume meningkat terutama di musim hujan.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Tangerang, Decky P, Koesriandartono mengatakan, Pihaknya telah mendesain pembangunan sodetan yang bertujuan membuat pola aliran baru di sungai yang kapasitasnya tak menampung saat volume bertambah. Kehadiran sodetan mampu mempercepat aliran air dari hulu ke hilirnya.

“Contohnya di Cibodas ada sungai Cirarab yang alirannya mengalir ke Sungai Cisadane yang juga menampung aliran air dari sungai lainnya, Oleh karenanya melalui perencanaan sodetan dapat memecah aliran air tidak meningkat di satu titik sungai,”kata dia

Guna mempercepat perencanaan tersebut pihaknya berkordinasi serta menyampaikan perencanaan tersebut dengan pihak terkait yakni Pemerintah pusat serta Propinsi Banten. Upaya itu dilakukan sebab kehadiran sodetan memiliki dampak besar dalam mengatasi luapan air di sungai. "Rencananya akan ada dua titik sodetan salah satunya di Jalan M Toha,”ujarnya.

Seperti diketahui Kota Tangerang selama kurun waktu 5 tahun berhasil mengurangi titik banjir dari 33 titik menjadi 2 titik. Banjir sendiri disebabkan sungai-sungai yang meluap karena volume yang melebihi kapasitas tampung air.

“Berkurangnya banjir karena banyaknya infrastruktur pengendali yang telah dibangun oleh Kota Tangerang,” ucapnya.

(rlshms/hmspdamtb)