Wih, BPPSPAM Membuat Game Edukasi Interaktif Air Minum

Dalam rangka menyebarluaskan informasi terkait pelayanan penyelenggaraan sistem pengolahan air minum, melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Kementerian PUPR memiliki aplikasi Game Edukasi Interaktif Air Minum.

Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo mengatakan, pembuatan Game Edukasi Interaktif Air Minum ini merupakan langkah terobosan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan. 

Dengan penyampaiaan tersebut, diharapkan masyarakat dapat menerapkan perilaku Hemat Air dengan menggunakan air secara bijak.

Eko menambahkan, setelah mendapat informasi terkait penyelenggaraan SPAM yang efektif serta pemanfaatan penggunaan air secara bijak, harapannya masyarakat dapat menggunakan air minum secara bijak dan menjaga kelestarian sumber air baku sehingga tidak tercemar. 

"Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat mendukung kerja PDAM sebagai penyelenggara SPAM untuk melakukan pelayanan air minum secara prima dengan cara membayar tagihan tepat waktu dan menyampaikan informasi secara cepat apabila terjadi kerusakan infrastruktur SPAM," katanya.

Ada 3 macam game edukasi interaktif air minum yang telah dibuat BPPSPAM yaitu Game "CIKA", "TIRTA dan Make Air. Game CIKA dibuat berbasis desktop, sedangkan game TIRTA dan MAKE AIR  berbasis mobile application.  Kedua permainan digital ini dikembangkan juga dalam platform desktop, yang dapat di lihat pada website resmi BPPSPAM.

Game ini berisi informasi dan edukasi dasar seputar Sistem Penyediaan Air Minum, mulai dari edukasi 4K (kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan) serta edukasi bagaimana menjaga, menyimpan dan hemat penggunaan air. 

Mengingat level game yang tersedia masih berupa game dasar, BPPSPAM akan terus mengembangkan dengan memfokuskan kepada konten game itu sendiri dikombinasikan dengan ide-ide kreatif serta penyesuaian teknologi game yang terus berkembang sesuai  dengan trend terkini.

(sumber:bppspam/internet)